Tips Memilih Internet Provider Terbaik untuk Kebutuhan Dirumah atau Rekan Bisnis di Kantor.

Kebutuhan internet di jaman yang segalanya serba digital adalah sesuatu hal yang tidak bisa di pungkiri lagi. Tidak hanya digunakan untuk sarana komunikasi atau hiburan semata, internet di masa ini memiliki peran yang lebih di berbagai macam hal seperti Sekolah dan Pekerjaan, terutama setelah kasus Covid 19 sistem pembelajaran sekolah menjadi serba daring dan beberapa perusahaan juga mulai mengubah system kerjanya menjadi Work From Home (WFH).

Hal ini menyebabkan kebutuhan internet semakin meningkat, tidak hanya untuk orang-orang yang bekerja di dunia IT, seperti web developer , praktisi jaringan, akan tetapi setiap aspek kehidupan sekarang ini membutuhkan internet di kehidupan sehari-hari, mulai dari bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, kesehatan, hiburan dan masih banyak lagi.

Lalu apakah anda sudah mendapatkan provider internet yang
cocok untuk itu ?

Langsung saja berikut tips-tips untuk memilih provider internet yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Coverage

Kamu perlu tahu bahwa tidak semua
layanan provider broadband bisa menjangkau seluruh lokasi di seluruh Indonesia,
mungkin termasuk lokasi kamu. Misalnya menjangkau tapi layanan 3G tidak bisa
dinikmati di daerah tertentu.

Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan apakah provider internet yang akan kamu pakai nanti sudah bisa mengcover daerahmu.

Karena Coverage area ini nanti
akan menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kecepatan internet di
tempatmu.

2. Bandwidth

Bandwidth adalah kapasitas yang
dapat digunakan pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data
dengan maksimal tertentu. Pengertian lain dari bandwidth internet adalah jumlah
konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

Hal selanjutnya yang perlu
dilakukan dalam memilih internet provider adalah melihat besaran bandwidth yang
dibutuhkan.

Semakin banyak pengguna internet dan semakin banyak perangkat yang digunakan pastinya akan berpengaruh pada besaran bandwidth yang dibutuhkan. Apalagi kalau internet tersebut digunakan dalam sebuah perusahaan yang mana karyawannya bisa mencapai puluhan hingga ratusan. Semakin besar bandwidth yang disediakan, maka akan semakin cepat juga kecepatan internet yang dihasilkan. Jadi pastikan bandwidth yang disediakan oleh internet provider tersebut bisa menyesuikan kebutuhan internet dirumah atau di perusahaan kamu.

3. Batas Pemakaian Internet (FUP)

Fair Usage Policy (FUP) atau yang
lebih dikenal dengan batas pemakaian wajar, adalah sebuah kebijakan pemakaian
wajar internet ulimited yang diberikan tiap-tiap provider dalam kurun waktu
tertentu.

Atau dengan kata lain setiap
paket internet yang di tawarkan provider internet memiliki batasan wajar untuk
setiap bulannya. Ketika pemakaian sudah mencapai atau melewati batas wajar maka
kecepatan internet akan berkurang.

Sebagai contohnya kuota internet 2GB, dimana paket internet 2GB ini berperan menjadi batas wajar pemakaian internet. Saat kuota internet atau batasan ini masih ada kita akan mendapatkan kecepatan internet yang maximum/baik akan tetapi apabila sudah habis kecepatan internet akan menurun drastis atau internet sama sekali tidak bisa digunakan.

Memastikan batasan FUP yang disediakan provider sangatlah penting, karena jika kita tidak tau akan hal itu akan menjadi masalah saat sudah di akhir bulan tiba tiba kecepatan internet kita berkurang drastis atau tidak bisa sama sekali dan pastinya itu akan sangat menggangu aktivitas kita saat menggunakan internet.

Adapun provider internet yang menyediakan FUP tanpa batas tiap bulan, salah satunya Universal Broadband. Dengan FUP tanpa batas kita sudah tidak perlu khawatir lagi apabila kecepatan internet kamu tiba tiba menurun di akhir bulan.

4. After Sales Service

After sales service adalah
layanan yang diberikan ISP kepada para konsumennya. Layanannya bisa berupa
jaminan kualitas produk yang ditawarkan agar berjalan dengan baik. Idealnya,
ISP dengan kualitas baik dan harga yang bersaing memiliki after sales service
yang meliputi technical support, auomated customer service, dan support
automation.

Adanya after sales service ini dapat memberikan efek jangka panjang seperti membangun kemitraan strategis antara provider internet dengan konsumen. Tidak hanya itu, apabila terjadi kendala, pihak penyedia layanan internet atau ISP juga akan segera menanganinya sehingga dapat meminimalisasi kerugian akibat kerusakan ataupun gangguan dari koneksi internet.

Kurang lebih itu adalah tip-tip yang bisa kita gunakan saat
memilih internet provider terbaik yang cocok dengan kebutuhan kamu di rumah
ataupun di kantor.

Adapun internet Provider yang bisa kami rekomendasikan dan memenuhi poin poin diatas salah satunya Universal Broadband, provider internet Universal Broadband menjamin koneksi maksimal untuk disetiap daerah yang sudah masuk dalam Coverage diantaranya daerah Surabaya, Jabodetabek, Bali dan Lombok.

Universal Broadband juga menyediakan layanan Customer Care 24 jam x 7 hari yang siap memberikan pelayanan dan membantu anda dengan cepat, tanpa ada kendala.

Leave a comment